Hardware Dasar Recording

Kalo mau Record audio pelajari sedikit tentang Hardwarenya :D silahkan Klik :)

Software Dasar Recording

Kalo udah tau Hardwarenya yuk pelajari sedikit tentang softwarenya :)

[Review] Native Instruments FM7

Vst Yang menarik bisa buat Looping atau SoundBank dari controller . klik aja kalo mau tau lanjut :)

[Tutorial] Menginstal Plugins Untuk Fruity Loops

Kesulitan mau menggunakan Vst yang baru di install di fruity loops ? klik buat pelajari :)

BC Rich 10 Supreme

GITAR FENOMENAL dengan 10 SENAR !!!! menarik sekali untuk dibahas

Kamis, 30 April 2015

Pengantar Teknologi Game

Pengantar Teknologi Game
Review Tutorial, Game Engine & Konsep
3IA07











Disusun Oleh :

Yongky MP             (57412856)








Universitas Gunadarma
2015
1.      Review Tutorial

Saya akan membahas sebuah Tutorial dari https://www.youtube.com/user/Brackeys dengan username  @Brackeys dan mengupload video tutorial berjudul “ Unity Tutorial Basics - Create a Survival Game” dengan link :

Pada tahap awal, dia menjelas kan dengan cukup jelas. Dengan mengcapture screen dan berbicara naratif



Tutorial dimulai dengan membuat sebuah cube. Dan dilebarkan, lalu memasukan dengan mengimport script ke asset “standart asset”. Dari standart asset tersebut, dimasukan sebuah karakter. Kemudian membuat sebuah light dan di letakan di atas cube. Dan membuat karakter dapat bergerak ke kanan kiri , depan dan belakang. Selanjutnya adalah di ajarkan untuk membuat background dengan menggunakan asset dari game engine yaitu sebuah latar belakang landscape dengan awan. Dan selanjutnya di lanjutkan dengan membuat halang rintang untuk handicap – handicap yang akan di wujudkan sesuai imajinasi. Jadi konsep tutorial ini adalah membuat sebuah cube besar dengan sebuah bola yang dapat menggelinding. Dan terdapat sebuah maze yang kita harus mencari jalan keluar. Dalam waktu tertentu. Poinya adalah kita harus dapat mencari keluar dengan cepat dan menyelamatkan diri sendiri. Sebelum waktu habis. User brackey membuat game tersebut dengan Unity3D.







Game Engine Unity3D
Unity merupakan sebuah software kompleks untuk mengembangkan sebuah game. Dan memiliki mesin render yang sangat powerfull dan terintegrasi dengan set yang lengkap dan alur kerja yang sangat cepat untuk membuat konten 3D interaktif, penerbitan multiplatform yang mudah, ribuan kualitas, aset siap pakai di Asset Store dan berbagi pengetahuan di komunitas.
Untuk developer dan Studio, unity membuat pembuatan atau pengembangan sebuah game menjadi efisian dan menghemat biaya untuk menciptakan permainan unik dan indah. Mereka menggunakan Unity untuk membangun penghidupan melakukan apa yang mereka suka: menciptakan permainan yang menghubungkan dan menyenangkan pemain pada platform apapun.
Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah dihabiskan untuk membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan rankking teratas untuk editor game. Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX. Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti semua format dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat beroperasi pada Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac, Windows, Wii, iPhone, iPad dan Android.
Unity secara rinci dapat digunakan untuk membuat video game 3D, real time animasi 3D dan visualisasi arsitektur dan isi serupa yang interaktif lainnya. Editor Unity dapat menggunakan plugin untuk web player dan menghasilkan game browser yang didukung oleh Windows dan Mac. Plugin web player dapat juga dipakai untuk widgets Mac. Unity juga akan mendukung  console terbaru seperti PlayStation 3 dan Xbox 360. Pada tahun 2010, telah memperoleh Technology Innovation Award yang diberikan oleh Wall Street Journal dan tahun 2009, Unity Technology menjadi 5 perusahaan game terbesar. Tahun 2006, menjadi juara dua pada Apple Design Awards.
Server aset dari Unity dapat digunakan semua scripts dan aset game sebagai solusi dari versi kontrol dan dapat mendukung proyek yang terdiri atas banyak gigabytes dan ribuan dari file multi-megabyte. Editor Unity dapat menyimpan metadata dan versi mereka, itu dapat berjalan , pembaharuan dan didalam perbandingan versi grafis. Editor Unity dapat diperbaharui dengan sesegera mungkin seperti file yang telah dimodifikasi. Server aset Unity juga cocok pada Mac, Windows dan Linux dan juga berjalan pada PostgreSQL, database server opensource.
Perizinan atau license dari Unity ada dua bentuk. Ada Unity dan Unity Pro. Versi Unity tersedia dalam bentuk gratis, sedang versi Unity Pro hanya dapat dibeli. Versi Unity Pro ada dengan fitur bawaan seperti efek post processing dan render efek texture. Versi Unity merupakan yang gratis memperlihatkan aliran untuk game web dan layar splash untuk game yang berdiri sendiri. Unity dan Unity Pro menyediakan tutorial, isi, contoh project, wiki, dukungan melalui forum dan perbaruan kedepannya. Unity digunakan pada iPhone, iPod dan iPad operating system yang mana iOS ada sebagai add-ons pada Unity editor yang telah ada lisensinya, dengan cara yang sama juga pada Android.
Sejarah Unity dan Perkembangannya
Dalam beberapa tahun perkembangannya, sebelum dirilis, Unity telah diluncurkan pertama kali sebagai versi pra – rilis dengan GooBall sebuah video game yang didesain khusus untuk Apple Macintosh.
GooBall, dengan unity pra – rilis , telah diluncurkan atau diumumkan pada bulan Maret tahun 2005, sementara itu Unity diluncurkan secara resmi sebagai aplikasi yang bersifat komersial pada dua bulan setelahnya yaitu bulan Juni tahun 2005.
Satu tahun kemudian yaitu tahun 2006, aplikasi pengembang game ini telah menjadi nominasi untuk Apple design awards dalam kategori “Best OS X Graphics”.
Unity juga disebut sebagai aplikasi pengembang multiplatform, yang mana artinya unity mendukung untuk mengembangkan aplikasi game dan aplikasi yang lain untuk beberapa platforms seperti game console, Mobile Phone platforms, Windows dan OS X.
Sejak unity secara resmi dirilis sebagai Unity versi 1.0.1, banyak pembaharuan (update), upgrades dan fitur yang telah ditambahkan selama tahun perilisannya tersebut dan Unity terus berkembang secara terus – menerus. Sekarang ini Unity sudah ada pada versi 3.0 yang telah diumumkan pada bulan Maret 2010, bagaimanapun versi ini masih didalam pre order, yang mana artinya pengguna dapat memesan tetapi sebenarnya software masih belum rilis untuk pengiriman.
Unity ada atau datang dengan beberapa pilihan perijinan (license), berkisar dari yang gratis untuk Unity paket utama ( dasar ) untuk Unity pro,  untuk satu license dijual dengan harga $1200. Baik Unity yang versi gratis dan Unity yang versi pro menawarka banyak fitur yang dapat digunakan, masih untuk yang versi gratis memperlihatkan sebuah halaman spash pada game yang tetap (regular) , dan desain untuk game online menggunakan Unity watermark.
Lebih dari beberapa tahun banyak game yang dikembangkan dan dibuat berjalan pada Unity, beberapa lebih ketetapan berada dalam satu bungkus atau masukkan: Butuh Kecepatan: Dunia, yang mana sekarang ini dalam perkembangan dan waktunya rilis berikutnya pada tahun ini, WolfQuest, yang mana rilis pada tahun 2007, Tiger Woods PGA Tour Online , yang mana telah dibuat pada April pada tahun 2007 dan Atmosphir , yang mana banyak game baru yang dapat berjalan di Unity.
Harus di catat akan dapat mengembangkan game untuk Iphone/Ipad platform, degan melakukan upgrade plug-in yang dibutuhkan oleh Uniy, untuk licensenya dapat diperoleh pada website Unity.
Fitur-fitur
·Rendering
Graphics engine yang digunakan adalah Direct3D (Windows, Xbox 360), OpenGL (Mac, Windows, Linux, PS3), OpenGL ES (Android, iOS), dan proprietary APIs (Wii). Ada pula kemampuan untuk bump mapping, reflection mapping, parallax mapping, screen space ambient occlusion (SSAO), dynamic shadows using shadow maps, render-to-texture and full-screen post-processing effects.[4]
Unity dapat mengambil format desain dari 3ds Max, Maya, Softimage, Blender, modo, ZBrush, Cinema 4D, Cheetah3D, Adobe Photoshop, Adobe Fireworks and Allegorithmic Substance. Asset tersebut dapat ditambahkan ke game project dan diatur melalui graphical user interface Unity.
ShaderLab adalah bahasa yang digunakan untuk shaders, dimana mampu memberikan deklaratif “programming” dari fixed-function pipeline dan program shader ditulis dalam GLSL atau Cg. Sebuah shader dapat menyertakan banyak varian dan sebuah spesifikasi fallback declarative, dimana membuat Unity dapat mendeteksi berbagai macam video card terbaik saat ini, dan jika tidak ada yang kompatibel, maka akan dilempar menggunakan shader alternatif yang mungkin dapat menurunkan fitur dan performa.
Pada 3 Agustus 2013, seiring dengan diluncurkannya versi 4.2, Unity mengijinkan developer indie mengunakan Realtime shadows hanya untuk Directional lights, dan juga menambahkan kemampuan dari DirectX11 yang memberikan shadows dengan resolusi pixel yang lebih sempurna, textur untuk membuat objek 3d dari grayscale dengan lebih grafik facial, animasi yang lebih halus dan mempercepat FPS.
·Scripting
Script game engine dibuat dengan Mono 2.6, sebuah implementasi open-source dari .NET Framework. Programmer dapat menggunakan UnityScript (bahasa terkustomisasi yang terinspirasi dari sintax ECMAScript, dalam bentuk JavaScript), C#, atau Boo (terinspirasi dari sintax bahasa pemrograman phyton). Dimulai dengan dirilisnya versi 3.0, Unity menyertakan versi MonoDevelop yang terkustomisasi untuk debug script.
·Asset Tracking
Unity juga menyertakan Server Unity Asset – sebuah solusi terkontrol untuk defeloper game asset dan script. Server tersebut menggunakan PostgreSQL sebagai backend, sistem audio dibuat menggunakan FMOD library (dengan kemampuan untuk memutar Ogg Vorbis compressed audio), video playback menggunakan Theora codec, engine daratan dan vegetasi (dimana mensuport tree billboarding, Occlusion Culling dengan Umbra), built-in lightmapping dan global illumination dengan Beast, multiplayer networking menggunakan RakNet, dan navigasi mesh pencari jalur built-in.
·Platforms
Unity support pengembangan ke berbagai plaform. Didalam project, developer memiliki kontrol untuk mengirim keperangkat mobile, web browser, desktop, and console. Unity juga mengijinkan spesifikasi kompresi textur dan pengaturan resolusi di setiap platform yang didukung.
Saat ini platform yang didukung adalah BlackBerry 10, Windows 8, Windows Phone 8, Windows, Mac, Linux, Android, iOS, Unity Web Player, Adobe Flash, PlayStation 3, Xbox 360, Wii U and Wii. Meskipun tidak semua terkonfirmasi secara resmi, Unity juga mendukung PlayStation Vita yang dapat dilihat pada game Escape Plan dan Oddworld: New ‘n’ Tasty.
Rencana platform berikutnya adalah PlayStation 4 dan Xbox One. Dan juga rumor untuk kedepanya mengatakan HTML akan menjadi platformnya, dan plug-in Adobe baru dimana akan disubtitusikan ke Flash Player, juga akan menjadi platform berikutnya.
·Asset Store
Diluncurkan November 2010, Unity Asset Store adalah sebuah resource yang hadir di Unity editor. Asset store terdiri dari koleksi lebih dari 4,400 asset packages, beserta 3D models, textures dan materials, sistem particle, musik dan efek suara, tutorial dan project, scripting package, editor extensions dan servis online.
·Physics
Unity juga memiliki suport built-in untuk PhysX physics engine (sejak Unity 3.0) dari Nvidia (sebelumnya Ageia) dengan penambahan kemampuan untuk simulasi real-time cloth pada arbitrary dan skinned meshes, thick ray cast, dan collision layers.


2.      Konsep

Saya akan membuat sebuah game dengan software Game Maker 8.0 yaitu terdapat sebuah maze yang atau biasa dikenal dengan labirin. Nanti kita akan mencari jalan keluar dan memakan sebuah pil yang berfungsi sebagai penguat. Karena kita akan di kejar oleh musuh , maka kita harus lebih cepat sebelum musuh mampu mengejar kita. Dan kita dapat menghancurkan musuh jika memakan makanan khusus. Mungkin sama seperti pacman , hanya saja dengan karakter yang berbeda. Di game ini terdapat nyawa, jadi jika pemain kalah maka nyawanya akan berkurang 1. Karena user memakan makanan di dlam game, maka akan juga diletakan papan score. Agar kita bisa melihat seberapa besar score yang sudah kita buat. Agar lebih menarik dibuat semenarik mungkin, dengan tambahan efek suara, animasi atau sfx. Dan juga terdapat beberapa menu pendukung yang lainnya. Untuk mempermudah permainan ini.




















PUSTAKA

http://en.wikipedia.org/wiki/Unity_(game_engine)
http://www.hermantolle.com/class/docs/unity-3d-game-engine/
http://blog-habibie.blogspot.com/2012/04/unity3d-cross-platform-game-engine.html


Selasa, 07 April 2015

Review singkat CorelDraw X7


Sudah lama tidak menulis di blog ini, dikarenakan kesibukan yang luar biasa terhadap aktifitas perkuliahan. Kali ini sya akan membahas sedikit tentang software pengolah grafis yang cukup terdengar dikalangan newbie seperti TS atau dikalangan pro sekalipun. Coreldraw ini merupakan software pengolah berbasis vektor.

Pada tampilan awal saja, CorelDraw X7 terlihat dengan Interface yang elegant dan menarik. Karena pada coreldraw x7 ini memiliki tampilan yang cukup diperbarui pada tampilan antar mukanya.



karena saya merupakan newbie dalam hal ini, memang sulit untuk pertama kali belajar coreldraw, namun mengingat ini merupakan software yang cukup terkenal maka sudah banyak sekali mengenai tutorial maka, hanya masalah waktu dan ketekunan :p . apalagi di x7 ini terdapat tolbars hints di bagian samping, untuk memudahkan kita belajar basic dari coreldraw x7 ini.


Selanjutnya saya membaca sebuah review yang cukup lengkap dari Pcmagz dan mencoba menyajikanya dengan bahasa indonesia agar mudah dimengerti .

Apa yang termasuk dan terbaru dari CorelDraw X7

CorelDraw X7 graphics suite terdapat 6 software lainnya yaitu CorelDraw X7, Photo-Paint X7, PowerTrace X7, Connect X7, Website Creator, and Capture X7. CorelDraw dan Photo-Paint adalah aplikasi utamanya. Yang pertama adalah sebuah program vector dan ilustrasi yang kedua adalah  sebuah program untuk editing sebuah gambar, dan aplikasi sisanya adalah sebuah utilitas tambahan, seperti PowerTrace untuk mengkonversi bitmap, Website creator program untuk membuat sebuah halaman web, dan capture adalah untuk mengkaptur pada layar komputer kita.

Dengan aplikasi ini, kalian bisa mendaptkan fitur, servis, dan extra yang sangat banyak. Ekstra ini termasuk 2.000 foto dengan resolosi tinggi, 1000 jenis fonts, ratusan desain sebuah template dan sekitar 5 jam video latihan.

Yang paling berbeda dalam Corel X7 adalah tampilan mukanya, lebih terang dan lebih terlihat seperti desain antar muka yang sedang tren yang user bisa lihat semunaya dalam microsoft office. Improvement lainnya adalah seperti kita dapat mengkustom standar workspace, terlihat bahwa Corel X7 tidak mengorbankan kemampuan dan fungsi awalnya

Corel X7  kompatibel dengan format seperti, PSD, AI, and PDF, dan RAW file.



Menurut PCMagz, salah satu fitur keren lainyya adalah kemampuan membuat sebuah QR code dan alat untuk validasinya. Kita bisa membuat Qr codes yang unik dan bisa mengkostom sesuai keinginnan kita. Cocok untuk yang ingin desain brosur, poster dan marketing.


Yongky Martindo Putra
3IA07
Softskill Desain Pemodelan Grafik

NPM : 54712856

Mengunjungi Kebun Raya Bogor (Field Report)

Ditulis oleh yongky martindo putra.

            Sebelum saya menceritakan mengenai kedua tempat yang sangat cocok dijadikan destinasi wisata di kota bogor, izinkan saya untuk mengucapkan inalillahiwainailaihi rajiun, atas meninggalnya Dosen kami Bapak Alm. Wiwieka selaku pengajar mata kuliah “Desain Pemodelan Grafik” semoga amal dan ibadahnya dapat diterima disisiNYA. Amin. Sebelumnya beliau memberikan tugas kepada kami untuk membuat sebuah video singkat berdurasi min.10 menit lengkap dengan narasi, dengan 2 tema utama yaitu Etika dan Lingkungan. Saya selaku penulis memilih tema lingkungan dengan latar belakang 2 objek wisata Kebun Raya Bogor dan JungleFest. cerita pada halaman ini hanya akan membahas kebun raya bogor. Semoga dapat dilanjutkan mengenai jungle fest lain waktu.


            Saya memilihnya karena sebetulnya selama saya tinggal di Bogor belum pernah kesana.. ha ha ha J L . saya tidak akan menceritakan tentang detail sejarah kedua tempat ini, karena kalian bisa cari di Wikipedia or mbah Gugel. Kebun Raya Bogor itu lembaga konservasi botani yang luasnya saja mencapai 87 hektar dan memiliki  sekitar 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Hutan buatan atau taman buatan ini telah ada sejak 1800an , bahkan pada zaman Prabu Siliwangi 1474-1513 Taman buatan ini telah ada (Wikipedia). Let’s begin the story…



            Perjalanan dimulai pada tanggal 13 November 2015. Saya berangkat bersama kawan – kawan kelas di kampus, dan menjadikan Stasiun Bogor menjadi Meeting Point, karena jika kalian berasal dari luar kota bisa menaiki kereta dan turun di Stasiun Kereta Bogor, atau jika naik angkutan Umum bisa berhenti di Terminal Baranang Siang. Dari situ tinggal tanya aja, pasti sebagian besar orang tau. Dari stasiun bogor saya memutuskan untuk berjalan kaki ke Kebun Raya bogor, perjalanan dari Stasiun Bogor ke kebun Raya Bogor adalah sekitar 1,5 Kilometer, duh karena saya belum pernah sama sekali kesana, saya pikir dekat karena dari pertigaan Stasiun sudah terlihat Pagar yang merupakan kawasan kebun raya, ternyata untuk masuk kedalam gerbang utama pengunjung sangatlah jauh (bagi saya) letaknya dekat dengan Pasar bersampingan dengan sebuah Mall besar Bogor Trade Mall. Tapi sebetulnya dari Stasiun menuju Kebun raya itu bisa di lalui dengan Angkot, namun saya lupa nomor berapa. Karena teman – teman dan saya mengira cukup dekat ya jadi karena itu kami memilih jalan kaki. Walau ternyata kami semua salah besar, hehe namun tidak mengurangi semangat kita untuk menuju kebun raya. Apalagi cuaca tidak begitu panas. Dan banyak pohon besar yang membuat udara menjadi sejuk. Hal yang sulit kita temui di daerah perkotaan besar. Di awal perjalan kami melihat beberapa rusa yang berkeliaran bebas di dalam kawasan kebun raya yang hanya di batasi pagar. Dan terlihat beberapa orang memberi makan rusa dengan wortel, jumlah rusanya cukup banyak dan kebun tempat rusa bernaung, sangat terawat. Sekitar 30 menit kami sampai Gerbang utama kebun raya bogor. Perjalanan menjadi lama karena kami sebentar – sebentar istirahat,, hahaa sungguh payah kami. Kebetulan kami bertemu dengan rombongan sebuah SMA dari luar jawa barat, kalo tidak salah dari salah satu daerah di jawa tengah, duh lupa. Jadi tempat tersebut sangat ramai, banyak yang berfoto di gerbang pintu masuk. Karena pintunya saja besar sekali,

photo by : www.liburkeluarga.com

Untuk mempersingkat waktu kami pergi menuju loket untuk membeli tiket, harga tiket sekitar 15.000 rupiah, kalau tidak salah. Kita sempat cemas karena cuaca mulai mendung. Kemudian kita bergegas. Masuk ke kawasan kebun raya. Yang kami lihat adalah kebun yang hijau dan rindang, dengan pohon pohon yang sangat besar, di peluk sekitar 2 orang dewasa saja belum tentu tercapai, hehe. Ya meluknya tiang listrik mungki bisa :lol . di mana mata kami memandang semuanya hijau dan hijau, udaranya bersih. Tempatnya memang bagus untuk rekreasi keluarga atau observasi pelajar mengenal jenis jenis tanaman dan pohon. Saya kemudian berjalan mengarah ke danau yang terdapat sebuah jembatan merah. Dengan tanaman seperti semak atau pulau kecil di tengah. Kita melewati pohon pohon yang besar – besar lengkap dengan akar yang menjalar, dan kebun raya ini juga menyediakan fasilitas mobil keliling lengkap dengan pemandu wisatanya.

Setibanya di danau, gerimis pun mengundang.. haha lagu kali.. disitu kami lihat istana kepresidenan , besar dan indah. Nampak kebun di sekitar istana kepresidenan terawat dengan sangat baik dan rumputnya nampak lebih hijau, karena area tersebut di pagari dan tidak ada yang boleh melintasi. Saya mengambil beberapa gambar untuk keperluan tugas. Dan tidak terlalu lama hujan pun mengguyur, karena saking besarnya pohon kami dapat berteduh di bawah pohon yang di beberapa pohon disekitar danau ditaruh kursi – kursi yang disediakan untuk pengunjung. Namun karena angin yang berhembus cukup kencang , akhirnya membuat kami basah juga dan pindah berlari menuju pos gerbag keluar. Dan berteduh sementara waktu disana.


Menurut saya kebun raya bogor tempat yang asik untuk dikunjungi, jika kalian bosan dengan pergi ke Mall , Mall dan Mall. Kebun raya bogor menawarkan pemandangan alam yang sejuk dan indah. Cocok untuk menghilangkan penat. Namun disarankan pengunjung tetap mematuhi peraturan seperti jika kita membawa anak kita harus mengawasinya selalu, takut takut bermain ke danau, atau dapat tersasar mengingat luasnya area. Kemudian Tidak membuang sampah sembarangan, walaupun kebun raya tidak terlalu kotor, tapi memang masih ada sampah yang terdapat di sudut – sudut area kebun raya. Waspada terhadap pohon tua, karena pohon bisa saja menjatuhkan material kayu bahkan tumbang, seperti berita yang belum lama kita dengar. Waktu saya di kebun raya saja hampir saja kejatuhan ranting pohon, tidak besar memang tetapi ya lumayan kalau kena, benjol benjol deh kepala. Haha :D , jadi berhati –hati ya…

Indahnya kebun raya bogor tidak dapat saya nikmati dengan puas, dikarenakan saya dan teman teman tidak bisa ber explorasi lebih jauh di karenakan tidak bersahabatnya cuaca. Jika ada kesempatan saya ingin kembali lagi kesana dan meng explorasi lebih dalam.

Setelah hujan reda kami memutuskan untuk pulang, namun kali ini kami memilih naik angkot, hehe. Dan turun di Stasiun Bogor. Dan kami berpisah disana.

Sungguh perjalanan yang menarik..

Yongky Martindo Putra
3IA07
Softskill Desain Pemodelan Grafik

NPM : 54712856