3. Asset yang digunakan
Pada tugas kedua saya menjelaskan tentang konsep dari game yang di buat. Yaitu sebuah permainan klasik yang disebut pac man. Pac man dimainkan dengan memakan sebuah titik yang merupakan sebuah point yang memiliki sebuah nilai, dan titik besar yang membuat musuh sakit ( ghost yang gentayangan ) sehingga kita bisa mudah memakannya sebelum iya kembali beregenerasi dari sangkarnya. Pacman tidak boleh menyentuh musuh karena akan membuat nyawa berkurang. Pemain jika mampu memakan seluruh point maka akan masuk ke stage 2 . yang peraturanya masih sama hanya saja berbeda bentuk stage nya saja. Jika pemain kembali berhasil maka pemain dinyatakan menang.
Asset yang digunakan adalah.
Sprites atau object, karena ketika bergerak mulut pacman akan buka tutup maka saya menggunakan aset agar bisa buka tutup mulutnya ketika bergerak kiri, kanan, atas atau bawah.
Agar tampak menarik saya juga menggunakan asset suara yang di tambahkan agar pada saat permainan terdapat background suara. Dan fx sound saat menang, mati dan memakan dot (point).
Script musuh
{
if (hspeed == 0) //jika horzontal speed equivalent sama dengan 0
{ //maka
//jika nilai random kurang dari 1 dan tidak ada objek di titik koordina x-4 dan objek musuh
if (random(3)<1 and place_free(x-4,y))
{ //maka
hspeed = -4; //set speed sebesar 4 dengan arah ke kiri
vspeed = 0; //set vspeed =0
}
if (random(3)<1 and place_free(x+4,y))
{ hspeed = 4; vspeed = 0;}
}
else
{
if (random(3)<1 and place_free(x,y-4))
{ hspeed = 0; vspeed = -4;}
if (random(3)<1 and place_free(x,y+4))
{ hspeed = 0; vspeed = 4;}
} }
4. Dokumentasi Game
• Play
Mengklik .exe game “yongky pacman”
• Loading
Tampilan loading sebelum game dimulai
• Gameplay
Ini adalah Pacman saat diam.
Gambar diatas merupakan ghost “musuh”
Ketika ghost (musuh) sakit gentayangan maka akan mudah dimakan.
• Stage 1
Tampilan game awal stage 1. Terdapat nilai pada atas window.
• Stage 2
Stage 2 atau Level 2. Mulai agak sulit
• Menang
Jika menang maka akan muncul pop up seperti di atas.
Terima Kasih
Credit
Pacman™
Mark Overmars
Billy McQuown
Senin, 15 Juni 2015
softskill tugas 3 & 4
13.23
No comments
0 komentar:
Posting Komentar