Minggu, 16 Desember 2012

Tinjauan umum pandangan dunia teknologi komunikasi didalam kehidupan sosial

Foto : Rachman ( http://bisnis-jabar.com/index.php/berita/foto-vendor-agresif-pasarkan-komputer-tablet )

Dalam hal umum , sebuah teknologi bukanlah hal yang awam lagi bagi setiap orang, hampir setiap orang pasti menguasai sebuah teknologi yang sedang tren, seperti gambar diatas dulu sebuah perangkat yang canggih pasti memiliki bentuk yang sangat besar, namun dengan seiringnya jaman, sebuah komputer yang sangat sederhana atau biasa disebut dengan "Tablet" menjadi primadona di dalam perkembangan dunia Teknologi Komunikasi saat ini, masyarakat yang memiliki kehausan akan lifestyle berlomba lomba untuk memilikinya karena biasanya golongan tersebut adalah orang yang keseharianya tidak lepas berkomunikasi dalam dunia maya (sosial media) 

Dalam kesempatan kali ini penulis akan membuat sebuah tulisan dengan tema "Tinjauan umum pandangan dunia teknologi komunikasi didalam kehidupan sosial"

APA ITU TEKNOLOGI KOMUNIKASI ?
Teknologi Komunikasi adalah adalah sebuah alat bantu yang di gunakan manusia untuk berhubungan satu dengan yang lainya ,seperti mengirim pesan , telfon, video call, dalam sejarahnya Teknologi Komunikasi sudah lama di kembangkan , seperti pada zaman dahulu manusia biasa berkomunikasi dengan berkirim telegram menggunakan telegraf , cara tersebut masih sangat sederhana karena masih menggunakan sebuah kode (sandi) yaitu kode Morse yang di temukan oleh Samuel F. B. Morse , bagi orang yang awam hal itu sungguh merepotkan bukan ?. dengan seiringnya jaman teknologi komunikasi sudah semakin jauh berkembang, saat ini berkomunikasi dapat dilakukan dalam sebuah percakapan face to face dimana pengguna bisa berkomunikasi satu sama lain dengan bertatap muka, atau biasa disebut Video Chat. dengan waktu yang lebih cepat dari pada harus berkirim telegram.

PANDANGAN DIDALAM KEHIDUPAN SOSIAL ?
Setiap negara memiliki sebuah teknologi komunikasi yang berkembang pesat, seakan akan setiap negara berlomba lomba untuk menciptakan sebuah kecanggihan dalam berkomunikasi . banyak model model baru setiap harinya, Teknologi Komunikasi pun di gunakan dalam berbagai hal, salah satunya didalam hal keamanan , selain itu juga Teknologi Komunikasi juga dapat digunakan salam kehidupan sosial.

Mengapa Teknologi Komunikasi sangatlah berhubungan dalam sebuah kehidupan sosial dunia, hal itu terjadi akan kebutuhan masyarakat dunia yang menginginkan hal yang semakin baik setiap harinya, tidak terkecuali dalam dunia komunikasi , masyarakat dunia pada umumnya tidak mau di persulit dalam berkomunikasi, yang membuat Teknologi Komunikasi sangatlah berhubungan erat dengan dan hal itu dapat di nilai dalam berbagai sudut, ada yang positif dan ada juga yang negatif. ada yang menguntungkan dan ada juga yang merugikan .


  • Padangan Teknologi Komunikasi dalam hal Positif


-Teknologi Komunikasi membuat hidup manusia menjadi terbantu

Jika ada sesuatu hal yang penting dapat disampaikan lebih cepat, seperti promosi dalam facebook/twitter.     berjualan dalam Kaskus, toko bagus, mencari jodoh dalam carijodoh.net dan masih banyak contoh lainya   yang bisa disebutkan.

-Komunikasi yang canggih, lebih akurat dan cepat

Banyak perusahan media komunikasi berita menggunakan media sosial elektronik untuk menyampaikan berita yang hangat dalam waktu yang relatif singkat, atau BMKG yang memanfaatkan Twitter untuk mentweet info Gempa.

-Kehidupan sosial yang tidak mengenal batas, batas tempat, batas wilayah , batas waktu

Manusia jaman sekarang lebih suka bersosialisasi dalam dunia maya , dibandingkan meladeni langsung dalam dunia nyata. facebook saja sudah di gunakan lebih dari ratusan juta orang di dunia, kini orang yang belum pernah keluarnegri pun bisa memiliki teman yang berada di luar negri, dengan hanya menggunakan fasilitas sosial media, meneyenangkan bukan ?


  • Pandangan Teknologi Komunikasi dalam hal Negatif
-Menjadi sarana Penipuan

Kecanggihan teknologi komunikasi pun selain memiliki hal yang baik juga memiliki hal yang buruk, seperti sebagai sarana penipuan, penipuan dalm teknologi komunikasi didalam kehidupan sosial sudah memiliki banyak modus, seperti penipu yang menggunakan fasilitas handphone untuk menipu korbanya dengan hal hal yang bohong lalu menyuruh mentransfer sejumlah uang, dan itu sangat merugikan bukan ?.

-Lifestyle yang buruk

Karena kecanggihanya dalam kehidupan sosial sebuah perangkat komunikasi menjadi hal yang paling harus di miliki di dalam hidup ini, hal itu membuat berbagai macam masalah bagi orang kaya membelinya itu adalah hal yang sangat mungkin, namun jika orang yang mampu ingin memilikinya ? Contoh kasus ada seorang remaja yang menawarkan sex lalu menukarkanya dengan IPhone5 , sungguh ironis bukan ? dan jika mempunyainya belum lagi kita akan menjadi pecandu yang selalu tidak puas, dan itu merugikan sekali bagi kehidupan.


Kesimpulan : pandangan dunia teknologi komunikasi didalam kehidupan sosial memiliki aspek yang dapat di tinjau dari beberapa hal, yang pasti telnologi komunikasi sangatlah berhubungan satu sama lain , dan paling sangat di butuhkan oleh masyarakat banyak untuk berkomunikasi satusama lain.

Cukup sekian . Mohon maaf bila ada salah kata, artikel di atas, saya buat menurut sudat pandang saya sendiri dan berbagai referensi

Terima Kasih

0 komentar:

Posting Komentar