Jumat, 17 Juni 2016

Message Passing & openMP

Kali ini kita coba bahas apa itu messsage passing dan openMP
Pertama message passing dulu

Message Passing
Message passing itu kawan merupakan teknik bagaimana caranya untuk mengatur suatu alu komunikasi messaging terhadap proses pada sebuah sistem. Jadi Message Passing ini bentuk komunikasi yang digunakan oleh komputasi parallel yang udah kita bahas sebelumnya. Dalam message passing. Proses dapat mengitim dan menerima pesan yang terdiri dari 0 atau lebih byte dengan struktur data yang kompleks dan dapat melakukan sinkronisasi. Objek dalam message passing di distribusikan menggunakan metode sistem remote doa seperti : ONC RPC , CORBA , Java RMI , DCOM , SOAP , . NET Remoting , CTO , QNX Neutrino RTOS , OpenBinder , D-Bus , Unison RTOS

openMP
nah kalau openMP merupakan API yang mendukung multi-platform berbagi memori multiprocessing bahasa pemrograman C , C + + , dan Fortran , pada kebanyakan arsitektur prosesor dan system operasi , termasuk Solaris , AIX , HP-UX , GNU / Linux , Mac OS X , dan Windows platform.
openMP Ini kawan terdiri dari satu set perintah kompiler, rutinitas library, dan variable lingkungan yang mempengaruhi perilaku run-time. OpenMP dikelola oleh nirlaba teknologi konsorsium OpenMP Arsitektur Review Board (ARB atau OpenMP), bersama-sama didefinisikan oleh sekelompok perangkat keras komputer utama dan vendor perangkat lunak, termasuk AMD , IBM , Intel , Cray , HP , Fujitsu , Nvidia , NEC , Microsoft , Texas Instruments , Oracle Corporation , dan banyak lagi.




Sumber :
http://seto.citravision.com/berita-50-parallel-computation--pengantar-message-passing-openmp.html



TikaNesia - Jasa Pembuatan Website

0 komentar:

Posting Komentar