Jumat, 17 Juni 2016

Konsep komputasi parallel

Konsep dari komputasi parallel adalah melakukan komputasi yang dilakukan secara bersama sama dengan menggunakan beberapa komputer secara bersamaan, bisa dilihat pada gambar di bawah ini.



Bisa kita lihat gambar bawah adalah, gambar pemrosesan pada komputer yang kita gunakan pada sehari – hari dimana, sebuah problem di kerjakan dengan cara problem itu di bagi menjadi beberapa instruksi lalu di kirim ke cpu untuk di olah.
Sedangkan pada gambar yang pertama, problem itu di pecah menjadi beberapa bagian problem. Baru dari setiap problem yang dibagi itu di pecah untuk di olah di 4 cpu yang berbeda.

Simplenya gini kawan, ada sebuah problem yaitu 1+1, 2+2, 3+3 dan 4+4. Kalo di single processing problem itu di pecah jadi (1+1) (2+2) (3,3) (4+4) dan masuk ke cpu satu persatu untuk ditemukan jawabanya. Sedangkan pada komputer parallel, problem akan di bagi menjadi 4 problem
1+1 ------> CPU 1 --> 2
2+2 ------> CPU 2 --> 4
3+3 ------> CPU 3 --> 6
4+4 ------> CPU 4 --> 8

CMIIW Logikanya sih pemrosesan jadi lebih cepet . ya gakk ?? hehe. Simpelnya sih gitu, untuk cara bagaimana problem itu di bagi sih ada hukum-hukumnya yang kalian bisa cari di Primbonnya mbah Google. hehe

Terima Kasih kawan

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_paralel
https://andri102.wordpress.com/game/soft-skill/konsep-komputasi-parallel-processing/


TikaNesia - Jasa Pembuatan Website

0 komentar:

Posting Komentar