Jumat, 17 Juni 2016

Arsitektur komputer parallel

Sebelumnya kita sudah membahasa, komputer parallel dan Proses yang terdistribusinya. Sekarang saattnya untuk kita mengenal lebih jauh arsitektur yang ada pada parallel komputer. Sebenernya kalo gak salah ada beberapa arsitektur komputer parallel yang diutarakan beberapa ahli, untuk kali ini kita bahas yang di utarakan oleh Michael J. Flynn.  Atau biasa kita kenal Taksonomi Flynn .

Flynn membagi ke 4 kelas komputer parallel :
•    Single Instruction Single Data Stream (SISD), yaitu sebuah komputer yang tidak memiliki cara untuk melakukan paralelisasi terhadap instruksi atau data. Contoh mesin SISD adalah PC tradisional atau mainframe yang tua.
Kalo ini sama seperti komputer yang kita gunakan pada jaman jadul, dimana proses harus antri untuk di olah :D ahhha

•    Multiple Instruction, Single Data Sream (MISD), yaitu sebuah komputer yang dapat melakukan banyak instruksi terhadap satu aliran data. Komputer ini, tidak memiliki contoh, karena meski pernah dibuat, hal itu dibuat sebagai purwarupa (prototipe), dan tidak pernah dirilis secara massal.
Ini sebenernya hanya konsep dan tidak digunakan. Karena kayaknya kurang oke. Kalo ada instruksi yang banyak, tapi stream datanya hanya 1.

•    Single Instruction, Multiple Data Stream (SIMD), yaitu sebuah komputer yang mampu memproses banyak aliran data dengan hanya satu instruksi, sehingga operasi yang dilakukan adalah operasi paralel. Contoh dari SIMD adalah prosesor larik (array processor), atau GPU.
kalo ini baru memungkinkan kawan. Dimana 1 instruksi yang datanya di alirkan ke banyak

•    Multiple Instruction, Multiple Data stream (MIMD), yaitu sebuah komputer yang memiliki beberapa prosesor yang bersifat otonomus yang mampu melakukan instruksi yang berbeda pada data yang berbeda. Sistem terdistribusi umumnya dikenal sebagai MIMD, entah itu menggunakan satu ruangan memori secara bersama-sama atau sebuah ruangan memori yang terdistribusi
kalo ini yang aling kompleks, memeiliki banyak instruksi dan banyak aliran data.

Cukup sekian ya kwan, semoga bisa bahas taksonomi dari para ahli yang lain, di lain kesempatan.

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Taksonomi_Flynn




TikaNesia - Jasa Pembuatan Website

0 komentar:

Posting Komentar