Sabtu, 09 April 2016

Map Reduce and NoSQL(Not only SQL)


Hari semakin pagi, namun harus tetap semangat.. kali ini postingan ke 5 dihari ini. Hehe, akan membahas secara singkat mengenai map reduce dan noSQL. Langsung aja yuk kita bahas.

            MapReduce

MapReduce itu kawan adalah model pemrograman dan implementasi secara asosiasi untuk memproses dan mengenerate data yang besar secara parallel, distribusi algoritma secara cluster.
Jadi tuh konsepnya kawan sudah dikenal sejak 1995 dengan “Message Passing Interface” yang memiliki operasi reduce(mengurangi) dan scatter (menyebarkan).

Dari katanya di bagi dari Map dan reduce. Map() itu sebuah prosedur yang memfilter dan menyortir ( seperti mahasiswa gunadarma di sortir berdasarkan nilai IPK) . lalu ada Reduce() metode yang menghasilkan sebuah ringkasan (seperti menghitung jumlah mahasiswa di tiap fakultas berdasarkan frekuensinya). 

            NoSQL
menurut wikipedia
“NoSQL adalah istilah yang dikenal dalam teknologi komputasi untuk merujuk kepada kelas yang luas dari sistem manajemen basis data yang di identifikasikan dengan tidak mematuhi aturan pada model sistem manajemen basis data relasional yang banyak digunakan.”
Hehe, dari namanya saja sudah ketahuan , jadi  untuk membuat nya tidaklah harus mematuhi query standar yang berlaku,  noSql ini berguna banget buat data yang terus berkembang setiap harinya, jadi query enggak berlaku lagi disini, karena variable yang bervariasi, betul kan ? karena jika pada konsep SQL bisa terjadi redudansi yang menyebabkan crash . jadi noSQL menyederhanakan sebuah konsep database.

Semoga kalian semua disini paham dari yang ku maksud, mohon maaf bila terdapat kesalahan, kritik dan saran bisa ditinggalkan di kolom komentar kawan .

Referensi :  
http://blog.randisunarsa.web.id/?p=383
https://id.wikipedia.org/wiki/NoSQL
https://en.wikipedia.org/wiki/MapReduce
http://vijjam.blogspot.co.id/2013/02/mapreduce-besar-dan-powerful-tapi-tidak.html

TikaNesia - Jasa Pembuatan Website

0 komentar:

Posting Komentar