Jumat, 08 April 2016

Apa itu Komputasi Cloud ?


Selamat Malam, berjumpa lagi dengan sya , minggu ini sya akan bahas kembali topik di dunia IT.  Sesuai dengan judul yaitu “Komputasi Cloud” atau dalam bahasa umumnya adalah Cloud Computing . kalo dari artinya cloud itu “awan” jadi apakah berarti teknologi komputer “komputasi” itu adanya di awan ?? hehe tentu saja tidak kawan. Hal itu hanya istilah, karena cloud computing itu gabungan dari 2 teknologi. Teknologi komputer dan teknologi internet ( jaringan internet biasa digambarkan dengan gambar awan)  nah sekarang sudah tau maksudnya ? lantas apa maksud dan tujuan dari cloud computing ini kawan ?
Saat ini teknologi semakin luas dan semakin berkembang kian hari, untuk mendukung itu semua cloud computing hadir untuk menjawab tantangan itu kawan, sebelumnya mari kita bahas layer dasar dari cloud computing


  • ·         Application
  • ·         Platform
  • ·         Infrastructure


Infrastructure itu semacam kaya hosting, disini kita sebut cloud hosting. Dijaman kaya gini onlen shop meraja lela. Baik onlen shop yang bermodal sosial media, atau yang modalnya pakai sebuah website. Website pasti perlu hosting dong. Jadi kita harus menyewa hosting tersebut, kalo dulu banyak perusahaan yang menyediakan hosting , jadi kita tinggal “sewa” servernya. Yang jadi masalah jika pengunjung onlen shop kita makin hari makin besar, mau gak mau jadi nambah kapasitas hostingnya, which is we need more money *ahha koplak. Nah hadir lah teknologi cloud kawan. Jadi kita bisa mengatur sendiri hanya lewat komputer kita. 
Cara kerjanya kurang lebih begini :
Kita punya sebuah situs, nah kita taruh di cloud server, tergantung kita perlunya kalo dulu kita sewa hosting paketan, dengan bandwith sekian ,, bla bla bla. Kalo cloud ini bebas, misal kita hanya butuh 1 server untuk menampung 1000 visitor, tiba tiba besoknya, jumlah visitor jadi 2000 , ya kita tinggal tambah cloud server 1 lagi, secara cepat.  Karena di cloud computing ini fokus kita bagaimana web/hal lain yang memanfaatkan cloud ini dapat berjalan dengan baik bukan bagaimana hardware  nya, jadi kalo besok hanya perlu 1 server ya yang satunya kita matikan saja.
Di cloud ini kita bisa mudah mengkonfigurasi dari rumah hanya melalui internet. Sistem nya juga Kaya pulsa handphone, kalo pake ya kita bayar, kalo lagi gak di pake nelpon atau smsan ya kita gak bayar :D

Contoh nya nih bisa buka http://www.biznetgiocloud.com/pricing.php .


Kita bisa costumize sendiri, seperlunya kita perlu berapa pc, speednya brp. Dll jadi harga bisa disesuaikan sob. :D disitu juga kita bisa sesuaikan os server, kapasitas storage, dan fitur yang lainnya..


Mungkin itu secara dasarnya yang bisa saya jelaskan, mohon maaf bila ada kesalah, kritik dan saran tinggalkan di kolom komentar ya. 

Referensi :
http://www.cloudindonesia.or.id/faq-1-apa-itu-cloud-computing.html
http://www.biznetgiocloud.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
TikaNesia - Jasa Pembuatan Website

0 komentar:

Posting Komentar