Jumat, 29 April 2016

Gerbang Logika Quantum


Hallo pembaca setia blog ku (Kya punya aj) hha,
berjumpa lagi kwan dengan sya, ini merupakan artikel ke 4 di minggu ini. Kali ini saya masih akan membahasa seputar dunia sains, yaitu “Quantum Gates”

Gates ? Gerbang ? jika pada umumnya kita mengetahui OR, AND, XOR dll. Didalam komputer kuantum memiliki juga kwan, yang disebut Quantum Gates ( Gerbang Logika Kuantum) hanya saja gerbang kuantum itu reversibel yang membuat gerbang kuantum bisa melakukan operasi yang dilakukan sirkuit klasik. Pada Quantum gates diwakili oleh matriks, Gerbang logika ini beroprasi pada ukuran satu atau dua qubit, sama saja jika pada gerbang klasik yang beropesari pada 1 atau 2 bit kwan, fungsi gerbang logika adalah mengubat bit masukan ke dalam satu atau lebih keluaran .. masih ingat gak ? hehe

quantum gates di buat agar bisa berfungsi pada qubit dan juga gerbang logika quantum perhitunganyya jauh lebih bervariasi lho kwan , ketimbang gerbang klasik.

Contohnya adalah toffoli gate.

“Toffoli gate adalah Gerbang logika reversibel yang universal, yang artinya sirkuit reversibel apapun dapat dibangun dari gerbang tofolli” 

 (Reversible : Dua Sisi)

Referensi :
http://rickyeagle4.blogspot.co.id/2013/05/pengantar-quantum-computation.html
https://dyaherwiyanti.wordpress.com/2016/04/19/pengoperasian-data-qubit-quantum-gates-dan-algoritma-shor/ https://en.wikipedia.org/wiki/Quantum_gate



TikaNesia - Jasa Pembuatan Website

0 komentar:

Posting Komentar