Sabtu, 09 April 2016

Pengertian Virtualisasi


Hallo lagi lagi kita bertemu, kali ini masih gak jauh dari dunia seputar IT. Pada kesempatan kali ini akan membahasa teknologi Virtualisasi. Virtualisasi ini masih ada hubunganya dengan cloud computing yang saya bahas sebelumnya. Karena mereka sama sama di hadirkan untuk mengurangi beban biaya :D ahha namun tetap mereka adalah hal yang berbeda,
Sebelumnya mari kita pahami apa arti visualisasi menurut wikipedia :



“Dalam ilmu komputer, virtualisasi adalah istilah umum yang mengacu kepada abstraksi dari sumber daya komputer. Definisi lainnya adalah "sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut.”

Sudah mulai kebayang ? jadi kaya kita memvirtualisasikan sebuah komputer. Fisiknya tuh gak ada, tapi seakan akan ada dan dapat berjalan. Nah ini yang bisa memangkas biaya, haha


Jadi misal ada beberapa server kita juga bisa menambahkan server virtual didalamnnya.
Atau mungkin kalian pernah denger VirtualBox ?
Jadi sebuah software yang seakan akan dirinya adalah sebuah komputer virtual. Jadi kita bisa minjalankan sebuah sistem operasi di atas sistem operasi yang dapat berjalan.



Semoga kalian semua disini paham dari yang ku maksud, mohon maaf bila terdapat kesalahan, kritik dan saran bisa ditinggalkan di kolom komentar kawan  .

Referensi:
https://www.microsoft.com/id-id/business/business-news/virtualization-and-cloud-technology/
https://id.wikipedia.org/wiki/Virtualisasi

 TikaNesia - Jasa Pembuatan Website

0 komentar:

Posting Komentar