Sabtu, 09 April 2016

NoSQL Database ( MongoDB )


waktu menunjukan jam 2 pagi kawan, harus terus semangat .. ini merupakan artikel terakhir dihari ini, setelah 3 jam .. hehe #curhat. Kali ini akan membahas tentang noSQL database, namun sya hanya fokus membahas di 1 database saja, yaitu mongoDB.

Kalian bisa mendapatkan mongoDb disini :

Mongo ini merupakan salah satu noSQL database, yaitu basis data yang berorientasi dokumen lintas platform, dan mongo ini tidak menggunakan struktur basis data umum sperti SQL. Baik untuk basis data yang dinamis,  yang membuat integrasi data dalam beberapa jenis aplikasi lebih cepat dan mudah.

Jadi kawan di mongo ini kita tidak mengenal yang namanya tabel, kolom dan baris 
  mongo ini mendukung pemrograman MapReduce.  Data dari mongoDb ini bisa kita ibaratkan, directory, folder dan file. Dan setiap dokumen pasti diberikan sebuah KEY.

Bila kalian memiliki data yang berjuta juta, di mongo ini bisa membuat basis data terbagi secara regional, yang tentunya sulit jika di lakukan di SQL.

Contoh script:
{
       "nama" : "budi",
       "alamat" : {
           "jalan" : "Pluit",
           "kota" : "Jakarta",
           "status" : "Dosen"
       }
   }

mongoDb ini sangat ringan dan memiliki proses yang sangat cepat. fungsi lainya sangat cocok unuk data yang terus berkembang dan tidak perlu membuat sebuah tabel di monoDb ini.

selain monoDB terdapat noSQl database yang lain seperti :

Cassandra Apache
CouchDB


Semoga kalian semua disini paham dari yang ku maksud, mohon maaf bila terdapat kesalahan, kritik dan saran bisa ditinggalkan di kolom komentar kawan .

referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/MongoDB
https://www.mongodb.com/cloud/?_ga=1.136890096.1945692946.1460140487
http://blog.randisunarsa.web.id/?p=383

 TikaNesia - Jasa Pembuatan Website

0 komentar:

Posting Komentar