Sabtu, 09 April 2016

Apa itu Komputasi Grid ?


Hello bertemu lagi dengan sya, pada artikel ini, lagi lagi membahas tentang dunia IT. Kali ini Grid Computing yang akan dibahas.
Grid Computing itu konsep dasarnya begini, suatu masalah komputasi diselesaikan oleh banyak komputer yang tidak terletak di satu tempat, tapi dimana saja. Namun komputer tersebut terhubung secara terdistribusi. Artinya komputer tersebut terdistribusi dan di atur oleh sebuah control node. Bisa dilihat dalam gambar di bawah ini.


Disitu ada banyak komputer . tetapi terhubung dalam suatu node. Yang terdistribusi kedalam 1 control node.

Kalo yang sya pahami kurang lebih cara kerjanya seperti ini : referensi dari Ian Foster
  • ·         Seluruh sistem berkoordinasi terhadap seluruh sumber daya (komputer) tidak berada di 1 wilayah tetapi terdistribusi satu sama lain.
  • ·         Menggunakan standart dan protokol yang bersifat terbuka
  •      Sistem berusaha mencapai kualitas layanan yang canggih, (nontrivial quality of service) yang jauh diatas kualitas layanan komponen individu dari komputasi grid tersebut. 
Lihat gambar dibawah ini

Gambar ini merupakan node – node yang dimiliki oleh AccessGrid.org dan seluruh node tersebut terhubung satu sama lain. jadi kita bisa mengakese semua node dalam 1 tempat.

Semoga kalian semua disini paham dari yang ku maksud, mohon maaf bila terdapat kesalahan, kritik dan saran bisa ditinggalkan di kolom komentar kawan
Referensi :
http://febbri-grunge.blogspot.co.id/2015/06/komputasi-grid-grid-computing.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_grid

TikaNesia - Jasa Pembuatan Website

0 komentar:

Posting Komentar